Jumat, 01 Januari 2010

Sukses dengan Alfabet (part 1)

Menurut pakarnya, manusia sukses tidak cuma dari IQ saja. Peran EQ (Emotional Intelligence) pada kesuksesan bahkan melebihi porsi IQ. Seorang pakar EQ bernama Patricia Patton memberikan tips bagaimana kita menemukan dan memupuk harga diri, yang disebutnya alfabet keberhasilan pribadi. 
 
A : Accept. 
Terimalah diri kita sebagaimana adanya. Temukan kekurangan kita, akui, dan perbaikilah, tak perlu repot-repot mencari kesalahan orang lain. 
 
B : Believe. 
Percayalah terhadap kemampuan kita untuk meraih apa yang kita inginkan dalam hidup. Ketika kita tidak lagi memiliki kepercayaan, maka otak kita akan sulit untuk berpikir. Percayalah, bahwa kita bisa, kita mampu, dan kita akan berhasil.
C : Care. 
Pedulilah pada kemampuan kita meraih apa yang kita inginkan dalam hidup.
Inilah cara terbaik menemukan potensi diri kita. Tak hanya ditemukan, tapi kembangkanlah. Kelak pasti akan berguna.
D : Direct. 
Arahkan pikiran pada hal-hal positif yang meningkatkan kepercayaan diri, dan tak perlu membuang waktu untuk memikirkan hal-hal yang bukan tanggung jawab kita.
E : Earn. 
Terimalah penghargaan yang diberi orang lain dengan tetap berusaha menjadi yang terbaik. Jangan terlalu lama ’melambung’ tinggi hati hanya akan menjungkalkan kita di kemudian hari.
F : Face. 
Hadapi masalah dengan benar dan yakin. Karena ketika ’benar’ dan ’yakin’ bertaut, kesuksesan ada dalam genggaman kita!
G : Go. 
Selalu, dan selalu berangkatlah dari kebenaran. Kebenaran akan mengantarkan kita pada keberhasilan.
H : Homework. 
Jangan remehkan pekerjaan rumah. Karena, pekerjaan rumah adalah langkah penting untuk pengumpulan informasi. Dan kita akan menemukan banyak sekali contoh, yang dapat membantu kita untuk tidak melakukan kesalahan berulang.
I  : Ignore. 
Abaikan celaan! Orang yang mencela hanya akan menghalangi jalan kita mencapai tujuan.
J : Jealously. 
Setiap orang memilki kelebihan dan kekurangan. Rasa iri dapat membuat kita tidak menghargai kelebihan kita sendiri. Jadi, akan lebih baik jika kita fokus pada diri kita sendiri.
K : Keep. 
Terus berusaha walaupun beberapa kali gagal. 100 kegagalan akan mendekatkan kita pada keberhasilan. Ingat, kegagalan adalah pintu keberhasilan, dan tak ada kata ’berhasil’ tanpa kata ’gagal’.
L : Learn. 
Belajar untuk sabar, belajar untuk peduli, dan belajar untuk ’belajar’. Belajar dari kesalahan dan berusaha untuk tidak mengulanginya. 
M : Mind. 
Perhatikan urusan sendiri dan tidak menyebar gosip tentang orang lain. Selain hanya membuang energi untuk sebuah perbuatan yang sia-sia, kita hanya akan terus disibukkan dengan berbagai pikiran negatif lain yang akan meracuni mind-set otak kita.

(edisi depan akan BIAS tampilkan alphabet sukses selanjutnya, semoga sukses!)[atina]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar